Fungsi Media Online Pengertian berikut Jenis-jenisnya

Fungsi Media Online
Fungsi Media Online

Pada kesempatan Kali ini akan membahas lengkap tentang Fungsi Media Online,Pengertian Contoh beserta jenis-jenisnya dalam penggunaan internet.

Pengertian Media Online

Media online ialah istilah umum untuk satu bentuk media yang berbasiskan telekomunikasi dan multimedia. Penjelasan media daring dapat dipisah menjadi dua, yakni pemahaman secara umum dan khusus.

Secara umum yang dimaksud media online (dalam jaringan) ialah semua tipe atau pola media yang cuma bisa dijangkau lewat jaringan internet yang berisi text, photo, video, dan suara (audio).

Penjelasan media online pada umumnya meliputii semua tipe situs website dan aplikasi, terhitung situs informasi, situs perusahaan, situs instansi atau lembaga, website, komunitas populasi, media sosial, situs berjualan (e-commerce/toko online) dan aplikasi Perpesanan(Chatting).

Ciri-ciri Media Daring/Online

  1. Kecepatan Informasi

Kejadian / peristiwa yang terjadi di lapangan bisa di unggah langsung dalam beberapa saat atau detik. Dengan begitu mempercepat distribusi informasi ke media, dengan jangkauan global lewat jaringan internet, dan dalam kurun waktu bersamaan

  1. Informasi Dapat Di-Update
    Updating informasi dapat di tangani dengan mudah dan cepat, baik berbentuk pembaruan isi, data dan gaya bahasa, atau berbentuk perubahan tebaru sebuah rumor atau peristiwa. Saat ada up-date informasi berkaitan informasi lama, karena itu dapat di lakukan perubahan. Proses penyempurnaan atau up-date ini dapat di tangani secara realtime.
  2. Berhubungan dengan audiens
    Satu di antara keunggulan media online ada nya fungsi interaktif. Beragam Fitur media online seperti e-mail, chat, game online, dan survei. Audiens bahkan juga dapat memberitahu keluh kesah, kritik, saran, respon ke bagian redaksi dan segera dapat di balas.
  3. Personalisasi
    Pemakai atau pembaca dapat putuskan informasi yang mana di butuhkan. Media online memberi peluang ke setiap pembaca hanya ambil informasi yang berkaitan untuk dirinya sendiri, dan hapus informasi yang tidak ia perlukan.
  4. Kemampuan Muatan Bisa Ditambahkan
    Setiap informasi media di dukung oleh penyimpanan data yang berada di server komputer. Informasi yang telah di publish, tetap di simpan dan bisa di tambahkan kapan saja dan bisa di cari dengan mesin perayap seperti Google search.
  5. Tersambung dengan sumber lain (hyperlink)
    Pada media online semua informasi yang di katakan dapat di sambungkan dengan sumber yang berkaitan, baik dari sumber yang serupa atau bahkan juga dari sumber yang lain. Dengan penggunaan Hyperlink, karena itu pemakai dapat membuka informasi lain dengan 1 click saja.

Fungsi dan Manfaat Media Online

Pada prakteknya, fungsi media online ini sama dengan media massa pada umumnya. Berikut adalah beberapa fungsi media online:

Sebagai Pemantauan

Media online sebagai fasilitas yang bisa di pakai untuk melakukan pemantauan pada kegiatan warga. Misalkan kabar berita masalah bahaya melanggar peraturan jalan raya. Kabar berita ini sebagai perlakuan protektif supaya warga mematuhi lalu lintas.

Social Learning

Media online sebagai media paling efisien saat lakukan guiding dan pengajaran sosial ke semua orang. Misalnya pengajaran politik. Dengan menebarkan informasi masalah pendidikan politik, orang di harapkan bisa belajar dan memahami sedikit mengenai dunia politik.

Menyampaikan Informasi

Media online di pakai sebagai fasilitas penyampaian informasi yang cepat, dan tak terbatas ruangan dan waktu. Misalkan masyarakat Indonesia dapat ketahui kejadian terbaru yang terjadi di Amerika Serikat. Begitu halnya masyarakat negara yang lain yang dapat mengetahui informasi terbaru mengenai Indonesia.

Fungsi media online ini memiliki arti Media Informasi online jadi mediator untuk beberapa kebutuhan, seperti politik, agama, hukum, perdagangan, militer, dan yang lain. Misalnya media online jadi mediator untuk memperkenalkan kebudayaan satu wilayah ke semua Indonesia, bahkan juga dunia internasional.

Hiburan

Fungsi media online ini memungkinkannya pemakai internet mencari hiburan di media online. Misalkan terhubung Youtube, Facebook, Instagram, atau situs yang lain yang berisi content hiburan, seperti film, video, dan musik.

Diskusi dan Pembicaraan

Sebagai Fungsi Diskusi dan Pembicaraan. Dalam masalah ini memungkinkan semua pemakai internet bisa berkomunikasi mengulas semua apa yang ingin di bahas.

Promosi

Dalam masalah ini fungsi atau Manfaat media online sebagai fasilitas promosi cenderung banyak orang menggunaknya. Khususnya pelaku usaha yang senantiasa ingin menjual produk dan mempromosikanya melalui media online.

Beberapa Macam Contoh Media Online

Berdasarkan yang telah disebut pada penjelasan media online, langkah kerja penyebaran informasi media online adalah menggunakan internet. Berdasarkan metode publikasinya, media online dapat dibagi menjadi beragam jenis.

Berikut Beberapa macam contoh media online:

  • Situs Informasi Online (Suara.com.Cnnindonesia.com, Kompas.com, Detik.com)
  • Situs Pemerintahan ( Kominfo.go.id, Kemkes.go.id, Kemdikbud.go.id)
  • Situs Perusahaan (Telkom.co.id, Gojek.com)
  • Situs E-commerce (Shopee.co.id, Tokopedia.com, Lazada.com)
  • Situs Media Sosial (Instagram.com, Facebook.com, YouTube.com)
  • Situs Website (Mediapek.com, Maxmanroe.com)
  • Situs Komunitas (Kaskus.co.id, Fotografer.net)
  • Aplikasi Chatting (Whatsapp, Telegram, Line)
  • Situs Forum pembicaraan/Pertanyaan (brainly.co.id, Quora.com)

Kelebihan dan Kekurangan Media Daring

Pemakaian media online memiliki beberapa kekurangan dan kelebihan yang seharusnya di respon dengan bijak oleh para pemakainya. Berikut adalah beberapa kekurangan dan kelebihan media online:

  1. Kelebihan Media Online
  • Langkah kerja penyebaran informasi benar-benar cepat
  • Informasi atau data lama dapat di buka lagi dengan mudah setiap saat
  • Wujud content yang di sediakan beragam, yakni text, photo, audio, video
  • Dapat di jangkau dengan mudah dari manapun serta kapan pun, dan pemakaiannya ringkas dan fleksibel
  • Para pemakai media online dapat sama-sama saling berhubungan/berinteraksi.
  1. Kekurangan Media Online

  • Informasi yang termuat tidak selamanya tepat dan kurang lengkap karena lebih memprioritaskan aktualisasi
  • Pemakai semestinya memiliki perangkat yang mendukung dan jaringan internet yang stabil
  • Penggunaan media online dalam periode panjang bisa mengakibatkan mata capek dan masalah kesehatan mata.

Penutup

Demikian itulah Pembahasan Fungsi Media Online mulai dari Pengertian Ciri ciri berikut Jenis-jenisnya. Semoga Menambah Wawasan ilmu pengetahuan bagi yang membaca. Mohon maaf apabila ada kesalahan dari tutur kata penulisan.sekian dan trimakasih.

sumber : www.akudigital.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak