Pengertian Media Online Ciri-ciri dan Karakteristik


Pengertian Media Online

Apa yang dimaksud Media Online?

Media online artinya istilah umum buat satu bentuk media yang berbasiskan telekomunikasi dan multimedia. Pengertian media online dipisah dua, yakni pengertian pada umumnya dan khusus.

Pada umumnya , pengertian media online adalah sarana komunikasi yang dihidangkan secara online pada internet. Serupa website (web) dan software (app). piranti lunak perpesanan serupa WhatsApp dan Telegram termasuuk media online pada pengertian umum.

disebutkan media online (dalam jaringan), media online pada pengertian umum adalah semua tipe atau pola media yang cuma dapat dijangkau lewat jaringan internet yang berisi text, photo, video, dan bunyi (audio). dengan istilah lain, media online dapat disimpulkan jadi media yang dapat dijangkau lewat internet.

memakai pengertian media online secara pemula ini, karena itu e-mail, mailing daftar, web, dan media sosial masuk ke kelompok media online.

Kedatangan media online munculkan angkatan baru jurnalistik, yaitu jurnalistik online (online journalism) atau wartawanme online.

Jurnalistik online -diklaim wartawanme cyber, jurnalistik internet, wartawanme digital, dan jurnalistik situs (situs journalism)- maknanya "angkatan baru" jurnalistik setelah jurnalistik konservatif (cetak) dan jurnalistik penayangan (broadcast journalism, radio dan tv).

Karakteristik Media Online



Karakteristik media online yang jadi keunggulannya dibanding "media konservatif" (cetak/electronic) salah satunya:

  • Kemampuan luas -page situs sanggup memuat dokumen benar-benar panjang
  • Pemuatan dan koreksi dokumen sanggup kapan pun dan dimanapun.
  • Agenda keluar dapat kapan pun sanggup, setiap saat.
  • Cepat, demikian di-upload terbatas sanggup dijangkau semua orang.
  • Mencapai semua dunia yang mempunyai akses internet.
  • Aktual, berisi rumor aktual karena kecepatan dan kemudahan penyuguhan.
  • Up-date, penyempurnaan isu terus dan bisa dilaksanakan kapan pun.
  • Interaktif, dua arah, dan "egaliter" memakai ada sarana kotak kometar, chat room, polling, dll
  • Terdokumentasi, rumor disimpan di "bank data" (arsip) dan dapat diketemukan lewat "link", "artikel berkaitan", dan sarana "mencari" (search).
  • Tersambung memakai asal lain (hyperlink)yang terkait memakai info terhidang.Hyperlink atau Pranala atau link (link) ialah keunikan sekalian kemampuan media online yang tidak dipunyai tipe media yang lain.

Ciri-ciri Media Online

Ciri-ciri Media Online


Berikut sudah kami rangkum Ciri-ciri Media Online. Antara lain sebagai berikut!

1. Cepat Immediacy

kejadian atau kejadian dapat segera di-publish atau diupload (unggah) dalam perhitungan dtk. Kedatangan media online tingkatkan kecepatan publisitas dan distribusi info ke khalayak dengan capaian global di saat bertepatan.

2. Penyempurnaan Up-date

Penyempurnaan (updating) info dapat dilaksanakan dengan ringkas dan cepat, baik berbentuk revisi signifikan (isi, data) dan redaksional (atur bahasa), berbentuk perubahan tebaru sebuah rumor atau kejadian.

Penyuguhan rumor yang memiliki sifat realtime ini menyebabkan tidak ada saat yang diiistemewakan (prime time) dan tidak ada kata tenggat saat (deadline) karena pengadaan rumor berjalan tanpa putus, cuma bergantung kapan pemakai ingin mengaksesnya.

3. Interaktivitas

Keunggulan media online ini yang paling membandingkannya dengan media konservatif maknanya ada hubungan di antara redaksi memakai pembaca dan antar-pembaca.

dengan karakteristik ini media online memiliki sifat dua arah dan egaliter. bermacam jenis feature serupa kotak kometar, chatroom, dan social sharing memungkinkannya pembaca dapat memberi langsung revisi, keluh kesah, anjuran, atau respon dan langsung bisa dibalas.

4. Personalisasi Audiens Kontrol

Pembaca atau pemakai makin otonom dalam tentukan info mana yang dia perlukan. Media online sampaikan kesempatan ke tiap pembaca cuma mengambil informasi yang berkaitan untuk dianya, dan hapus informasi yang tidak ia perlukan . Maka selektivitas informasi dan sensor ada di tangan pemakai (self kontrol).

Pembaca, pemakai, atau penunjung bebas konsumsi informasi mana saja yang dipandang penting atau menarik. Pembaca hanya click (membuka) judul isu yang diinginkan dan meremehkan yang tidak menarik.

pada media online, pemakai bisa juga cari informasi yang diharapkan lewat mesin perayap (search engine), khususnya Google, dan kotak penelusuran sebuah situs.

5. Kemampuan tidak Terbatas Penyimpanan and Retrieval

Media online tidak terbatasi situs ataupun waktu (durasi waktu) sepeti di media cetak dan media penayangan. Media online dapat menerbitkan informasi sebesar-banyaknya dan sepanjang-panjangnya.

Beirta yang dihidangkan disimpan atau terdokumentasikan memakai baik yang dapat dijangkau kapan pun lewat kotak penelusuran (search box), kelompok, atau cap/tag.

Bahkan juga, info yang sudah dihapus faksi redaksi juga mampu dijangkau atau disimpan Bila informasi itu di-publish ulangi (repost) atau pada-screen shot oleh pemakai.

6. Tersambung memakai sumber lain hyperlink

Tiap data dan isu yang dihidangkan dapat disambungkan memakai sumber lain yang jua terkait dengan isu itu, atau dihubungkan ke bank data yang dipunyai media itu atau dari asal-sumber luar.

7. Kompetensi Multimedia

Media online bisa menyuguhkan beria berbentuk text, suara (audio), gambar/photo, dan video sekalian. ciri-ciri ini sebagai keunggulan media online dibanding media konservatif.


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak